PENTINGKAH BANGKU SEKOLAH?



Kita belum mampu menampilkan corak pendidikan alternatif terhadap arus besar high learning yang dominan dalam peradaban sekuler ini. Prinsip ekonomi yang menjadikan pasar sebagai agama baru masih sedang berada diatas angin. Manusia modern sangat tunduk kepada agama baru ini.
Menurut Malik Fajar, abad informasi ini sama sekali bukanlah rahmat. Di masyarakat Barat, ia telah menimbulkan sejumlah pesoalan yang tidak ada pemecahannya kecuali cara pemecahan yang tumpul.
Dalam keadaan seperti ini, manusia semakin kehilangan jangkar spiritual dengan segala dampak destruktifnya pada berbagai dimensi kehidupan. Manusia modern ibarat layang-layang putus tali, tidak mengenal secara pasti dimana tempat hinggap yang seharusnya. Teknologi yang tanpa kendali moral lebih merupakan ancaman, dan ancaman ini bukan hanya terhadap satu kelas atau suatu bangsa, namun lebih merupakan terhadap semua manusia.
Melihat persoalan ini, maka ada peluang bagi pendidikan Islam yang memiliki kandungan spiritual keagamaan untuk menjawab tantangan tersebut. Demikianlah, agama pada akhirnya dipandang sebagai paradigma alternatif yang dapat memberikan solusi secara mendasar terhadap persoalan kemanusiaan yang sedang dihadapi masyarakat modern.
Yang mesti dilakukan saat ini adalah, jangan melihat peradaban modern dari sisi unsur negatifnya saja, tetapi perlu juga merespons unsur-unsur positifnya yang banyak memberikan manfaat dan mempengaruhi kehidupan manusia. Maka, yang perlu diatur adalah produk peradaban modern, jangan sampai memperbudak manusia.
Menurut Shipman, fungsi pokok pendidikan dalam masyarakat modern terdiri dari tiga bagian:
1.      Sosialisasi
Pendidikan adalah wahana bagi anak-anak agar terintegrasi ke dalam nilai-nilai kelompok atau nasional yang dominan.
2.      Pembelajaran (schooling)
Pembelajaran menyiapkan merea untuk mencapai dan menduduki posisi sosial ekonomi tertentu. Dan karena itu, pembelajaran harus dapat membekali peserta didik dengan kualifikasi-kualifikasi pekerjaan dan profesi tertentu yang akan membuat mereka mampu memainkan peran sosial-ekonomis dalam masyarakat.
3.      Pendidikan (education)
Pendidikan merupakan education untuk menciptakan kelompok elit yang pada gilirannya akan memberikan sumbangan besar bagi kelanjutan program pembangunan.
Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat baik sosial maupun kultural, secara makro daalah persoalan yang dihadapi pendidikan Islam sendiri. Dan sekarang, adalah bagaimana pendidikan Islam mampu mengahdirkan desain atau konstruksi wacana pendidikan Islam yang relevan dengan perubahan masyarakat. Kemudian desain wacana tersebut mampu ditransformasikan atau diproses secara sistematis dalam masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KERAJAAN ISLAM SAMUDERA PASAI

BENANG MERAH ANTARA SUFISME DAN MODERN-SEKULER